Home » , » Bunga Katarak untuk Penyembuhan Gejala Mata Katarak

Bunga Katarak untuk Penyembuhan Gejala Mata Katarak

Bunga Katarak (isotomi longiflora, laurentina longiflora)
Bunga Katarak (isotomi longiflora, laurentina longiflora) atau secara populernya disebut juga dengan sebutan Melati Katarak, Ki Tolod dipercaya dapat menyembuhkan penyakit mata seperti gejala munculnya selaput pada bagian mata yang dapat mengakibatkan mata rabun serta kebutaan disebut katarak.

Review tentang tanaman ini

Bunga Katarak secara umum tumbuh di daerah tropis, secara khusus tumbuh di daerah yang lembab, sering ditemukan tumbuh liar di tepian saluran air atau selokan. Pembudidayaan tanaman ini cukup tidak merepotkan, layaknya rumput liar, ditanam saja dalam pot bunga atau di halaman rumah yang terpelihara biasanya akan tumbuh dengan subur. Getah bunga katarak mengandung anti radang begitu juga dengan daunnya (begitu yang pernah saya dengar).

Tentang obat pengakit mata katarak

Penyakit mata katarak dapat disembuhkan dengan melakukan operasi di rumah sakit dengan melakukan pembedahan yang pastinya memberikan pengeluaran yang tidak sedikit untuk sehat. Namun disini kita tidak merujuk untuk pergi ke rumah sakit karena di lain lubuk lain lah pula ikannya. Tiap tradisi mempunyai perbedaan, dan tiap pengetahuan mempunyai perkembangan dan perubahan. Sekarang ini orang berobat mengandalkan obat dari apotek rekomendasi dokter. Berbeda pada dahoeloe orang berobat menggunakan obat tradisional yakni ramuan-ramuan dari tumbuh-tumbuhan yang diolah pula secara tradisional.

Proses Pengobatan

Tip kesehatan ini sederhana, berbahan dasar air mentah dan bunga katarak. Proses pembuatan sampai proses pengobatannya adalah sebagai berikut:
  • Petik bunga katarak (dipetik ya...! ambil bunganya saja. heee). Kalau kebetulan belum berbunga maka daun nya juga bisa digunakan.
  • Mengambil air satu mangkok (takaran 1/2 liter untuk 2 pucuk bunga)
  • Kemudian rendam bunga tersebut dalam air selama 10 menit. Sesudah direndam 10 menit sudah siap digunakan.
  • Teteskan air rendaman tadi ke mata dengan menggunakan bunga yang direndam sebagai alat tetesnya. bisa juga dengan cara merendam mata kedalam air tersebut. (jangan terkejut, rasanya sedikit pedas ke mata)
  • Lakukan minimal 1 kali sehari untuk proses penyembuhan mata rabun,
  • 1 kali saja untuk proses penyembuhan iritasi ringan, dan
  • 3 kali sehari untuk proses penyembuhan kebutaan.
Penyembuhan untuk mata yang sudah mengalami kebutaan mungkin akan sulit proses penyembuhannya bila hanya dengan mengandalkan tip bunga katarak untuk penyembuhan gelaja mata katarak ini, namun dengan kemauan yang gigih dan berdo'a insyaallah sembuh. Sebaiknya tip ini dilakukan setelah adanya gejala-gejala penyakit atau sebelum penyakit menjadi parah atau mengalami kebutaan.

3 komentar:

  1. bisa kah saya mendapatkan buku melati katarak, untuk membaca nya..
    jika boleh saya mau beli, hub aja ke no ini 085365678319

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih atas komentar pak fendy. Tetapi untuk bukunya dalam versi indonesia admin belum ketemuan..
      ini beberapa referensinya.
      Baldwin, Roger E. (1979). Hawaii's Poisonous Plants (1 edición). Hilo, Hawaii: The Petroglyph Press, Ltd.. pp. 26–27
      Hippobroma». Royal Botanic Gardens, Kew: World Checklist of Selected Plant Families. Consultado el 5 de enero de 2010
      USDA, ARS, National Genetic Resources Program. «Hippobroma Longiflora information from GPRS/GRIN». Germplasm Resources Information Network - (GRIN) [Online Database]. National Germplasm Resources Laboratory, Beltsville, Maryland.. Consultado el 07-12-2007
      Baldwin, Roger E. (1979). Hawaii's Poisonous Plants (1 edición). Hilo, Hawaii: The Petroglyph Press, Ltd.. pp. 26–27

      Hapus

Silahkan menambahkan komentar bro...