langkah Awal yang Aman untuk Transaksi Online

Internet sudah menjadi sebuah jaringan telekomunikasi umum dan bebas saat ini. Ini adalah merupakan sistem inforamasi yang lebih leluasa, karena kita bisa memperoleh informasi yang lebih lengkap, sebagai perumpamaannya anda memiliki sebuah komputer PC yang terkoneksi dengan internet, maka sangat mudah bagi anda mencari informasi apapun, baik itu produk pakaian, ATK, kendaraan, rumah, tanah, aksesoris, perangkat elektronik atau sekedar berita, d.l.l. Sehingga saat ini pun semakin marak pengguna handphone pintar, dan anda tidak hanya dapat memperoleh semua informasi dari komputer PC saja, tetapi juga dapat melalui handphone, lebih simple bukan?. itulah perkembangan technology.

domain .co.id - image savefrom bekasigaul.com
Sehubungan dengan perkembangan technology itu sendiri kita harus lebih extra hari-hati. Paling utama yang akan saya tekankan disini adalah tentang transaksi online atau belanja online di toko-toko online. Alasannya, karena tidak semua situs web di internet adalah benar-benar nyata alias phising atau penipuan. Sesuai dengan judul artikel ini langkah awal yang akan kita ambil untuk transaksi online yang aman adalah:

 

Identifikasi Website (situs web)

Misalkan kita menjumpai sebuah web Toko Online Local, maka yang paling utama anda perhatikan adalah domain situs web tersebut. Bila situs web tersebut berasal dari Indonesia maka seharusnya nama domain-nya adalah .co.id Bila domain situs web toko online Indonesia tersebut menggunakan salah satu domain .com, .net, atau .info masih dapat diragukan legalitas dan keberadaannya. alasannya,
Domain .com, .net. atau .info lebih mudah dibeli karena siapa saja dapat membeli domain dengan mudah dengan membayar sekitar Rp. 100.000,- Seratus Ribu Rupiah per tahun tanpa persyaratan apapun. ... Berbeda dengan domain .co.id. Pendaftaran .co.id memerlukan suatu persyaratan dokumen berupa SIUP, NPWP dan KTP. Jika dokumen sesuai dengan nama domain, maka domain bisa didaftarkan. Pengelola domain id yaitu Pandi (www.pandi.or.id) juga memiliki mekanisme untuk pengalihan domain kepada yang berhak jika pihak yang baru menyertakan domain legal yaitu SIUP, NPWP dan KTP. (proweb.co.id)
Ada banyak topik membahas kemanan situs web dilihat dari nama domain .co.id seperti salah satunya disini tentang website dengan domain .co.id lebih aman.

Situs web online yang menggunakan nama domain .co.id, itulah pilihan paling aman bagi kita untuk transaksi online, karena menurut kutipan tersebut di atas hal yang paling diprioritaskan adalah LEGALITAS suatu perusahaan. Kalau sudah legal, ya aman donksss. atau sedikit bisa dipercaya :D.

loading...

0 Response to "langkah Awal yang Aman untuk Transaksi Online"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."