Kliping: 13 Contoh Adanya Takdir Allah SWT

Berikut ini adalah 13 contoh peristiwa ataupun fenomena yang menggambarkan adanya takdir Allah SWT. 

Contoh adanya takdir Allah SWT Pertama

Penciptaan Alam Semesta

Allah Swt. telah menciptakan alam semesta dan Dia juga yang mengaturnya.Allah Swt. menetapkan aturan tertentu bagi alam semesta agar tetap dapat berjalandan tidak binasa. Ini salah satu wujud takdir Allah Swt. Jika alam semesta ini berjalan berdasarkan hukum alam semata tanpa ada ketentuan dari Allah, tentuakan rusak. Contoh, matahari akan bebas terbit sehari dan terbenam dalam beberapa hari. Bumiakan bebas beredar dan berotasi untuk beberapa jam serta berhenti untuk beberapa jam kemudian. Demikian pula dengan bulan dan bintang akan berjalan dengankehendaknya sendiri. Jika hal ini dibiarkan, alam semesta tidak akan lestari. Alamsemesta akan rusak karena tanpa ada kendali yang telah ditetapkan Allah. Olehkarena itu, untuk kesempurnaan makhluk, hukum alam juga selalu berjalan berdasarkan takdir Allah Swt.

Contoh adanya takdir Allah SWT Kedua

Takdir Allah pada Binatang


Ada banyak bukti yang menunjukkan takdir Allah Swt. pada binatang. Ada beberapa binatang yang mempunyai kekuatan melebihi manusia, tetapi ditundukkan oleh Allah Swt. untuk dapat dimanfaat- kan bagi kepentingan manusia. Misalnya, adanya binatang-binatang ternak seperti kuda, unta, kerbau, atau kambing. Untuk memperjelas, kita dapat mengambil contoh berikut. Di sekitar kalian tentu ada hewan bernama kerbau. Kerbau memiliki kekuatan melebihi manusia. Dengan qada dan qadar-Nya kerbau dapat ditundukkan dan dapat dimanfaatkan manusia untuk membajak sawah. Untuk memantapkan keyakinan, simaklah ayat yang artinya, ”Dan tidakkah mereka melihat bahwa Kami telah men- ciptakan hewan ternak untuk mereka, yaitu sebagian dari apa yang telah Kami ciptakan dengan kekuasaan Kami, lalu mereka menguasainya? Dan Kami menundukkannya hewan-hewan itu untuk mereka; lalu sebagiannya untuk menjadi tunggangan mereka dan sebagian untuk mereka makan. Dan mereka memperoleh berbagai manfaat dan minuman darinya. Maka mengapa mereka tidak bersyukur?” Q.S. Ya-si - n [36]: 71–73

Contoh adanya takdir Allah SWT Ketiga

Korban Meninggal akibat Virus Corona Tembus 2.244 Orang


Jakarta, CNN Indonesia -- Korban meninggal akibat terinfeksi virus corona di seluruh dunia hingga hari ini, Jumat (21/2) mencapai 2.244 orang.
Sebagian besar korban merupakan warga China, khususnya di Wuhan, Provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona.
Jumlah korban meninggal bertambah setelah Dinas Kesehatan Provinsi Hubei melaporkan 115 kematian baru.
Sebanyak 2.233 korban meninggal di China daratan. Sementara 11 lainnya di tujuh negara yakni Korea Selatan satu orang, Iran dua orang, Hong Kong dua orang, Taiwan satu orang, Jepang satu orang dan dua penumpang kapal pesiar, Filipina dan Prancis masing-masing juga satu orang.
Dikutip dari AFP, sekitar 75 ribu orang terinfeksi virus corona di China, dan ratusan lainnya di lebih dari 25 negara.
Dinas Kesehatan Hubei mengatakan ada 411 kasus baru di provinsi itu dengan 319 orang di Wuhan dan sisanya tersebar di beberapa kota lain.
China mengatakan bahwa mereka kembali mengubah metode penghitungan pasien dengan hanya akan memasukkan didiagnosis lewat tes laboratorium.
Pejabat kesehatan China pekan lalu mengatakan bahwa pasien di Hubei yang telah didiagnosis melalui metode klinis termasuk pencitraan paru-paru akan ditambahkan ke hitungan selain yang dikonfirmasi oleh tes laboratorium. Itu menyebabkan lonjakan jumlah kasus.
Virus corona mulai merebak sejak akhir 2019 di Kota Wuhan.  Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan bahkan lintas negara.
Selain China, Jepang menjadi negara dengan korban corona kedua terbanyak setelah kapal pesiar Diamond Princess yang berlabuh di perairan Yokohama membawa penumpang positif terjangkit virus itu.
Dari ratusan orang yang terjangkit virus,  Mereka merupakan bagian dari 78 WNI yang menjadi kru kapal pesiar yang membawa 3.700 penumpang dan awak itu. Dua penumpang kapal itu dilaporkan meninggal pada Kamis kemarin. (dea) 

Contoh adanya takdir Allah SWT Keempat

Gempa Maluku Utara, 4 Korban Tewas dan Ribuan Orang Mengungsi


Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan empat orang meninggal dunia, puluhan orang luka-luka dan ribuan lainnya mengungsi usai gempa magnitudo 7,2 di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Minggu (14/7).
Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Agus Wibowo mengatakan pihaknya masih terus melakukan pendataan untuk memastikan jumlah korban akibat bencana alam tersebut.
"Dampak gempa bumi di provinsi Maluku Utara per 16 Juli 2019, yakni 4 orang meninggal dan 51 orang luka-luka," ujar Agus di Kantor BNPB, Jakarta, Selasa (16/7).
Agus menuturkan hasil pendataan menyebut jumlah pengungsi akibat gempa mencapai 3.104 orang. Para pengungsi itu, kata dia, tersebar di 15 titik yang ada di Maluku Utara.
Selain korban, Agus menyampaikan ratusan bangunan juga mengalami kerusakan. Berdasarkan data sementara BNPB, sebanyak 971 unit rumah rusak berat, 7 unit fasilitas pendidikan rusak berat, 3 unit fasilitas peribadatan rusak berat, 1 unit fasilitas kesehatan rusak berat, 2 unit bangunan lain rusak berat, dan 3 jembatan rusak berat.
Lebih lanjut, Agus berkata guncangan gempa juga dirasakan di Obi, Labuha, Manado, Ambon, Ternate, Namlea, Gorontalo, Raja Ampat, Sorong, hingga Bolaang Mongondow.
"Gempa susulan sampai dengan 16 Juli 2019, pukul 06.00 WIB sebanyak 93 kali. Namun yang dirasakan hanya 30," ujarnya.
Sementara itu, Agus menyebut BNPB akan memberikan dana siap pakai (DSP) dan mengirimkan heli guna membantu penanganan darurat di sejumlah titik terdampak gempa.
BPBD Provinsi Maluku Utara dan TRC BNPB, kata dia, juga tengah melakukan kaji cepat guna mendata tingkat kerusakan, jumlah pengungsi, dan kebutuhan yang dibutuhkan oleh pengungsi untuk ditindaklanjuti.
Sejumlah pihak seperti TNI, Polri, Basarnas, Kementerian/lembaga, Tagana, hingga relawan juga turut mendistribusikan logistik ke lokasi pengungsian.
Hasil pendataan BNPB sementara, kebutuhan yang paling mendesak bagi pengungsi adalah beras, air mineral, makanan siap saji, mie instan, tikar, matras, selimut, terpal, popok bayi, hingga pakaian anak.
"Distribusi logistik penguatan untuk provinsi Maluku Utara dalam perjalanan dengan kapal, jadwal tiba Kamis 18 Juli 2019," ujar Agus.
Lebih dari itu, Agus menyampaikan pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah mengeluarkan SK Tanggap Darurat selama 7 hari, yaitu 15 hingga 21 juli 2019.
"Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan dibantu TNI dan Polri telah mendirikan dapur umur di Labuha untuk penanganan pengungsi," ujarnya.

Contoh adanya takdir Allah SWT Kelima

Ras manusia "Albino"


Apa itu albino (albinisme)?
Albinisme atau albino adalah kelainan genetik yang ditandai dengan berkurangnya produksi melanin (pigmen yang memberi warna pada kulit, rambut dan mata) sepenuhnya atau sebagian. 
Sebagai hasilnya, orang dengan albinisme atau yang sering disebut orang albino memiliki rambut, kulit, dan mata dengan warna yang terang atau tidak berwarna.
Orang dengan kondisi ini berisiko terisolir karena kondisinya. Stigmatisasi sosial dapat terjadi, terutama di dalam komunitas kulit berwarna, di mana ras orang dengan albino dapat dipertanyakan. 
Tidak ada penyembuhan untuk albinisme, namun orang dengan albinisme dapat mengambil langkah untuk melindungi kulit dan memaksimalkan pandangan mereka.
Seberapa umum albino (albinisme)?
Albinisme relatif umum ditemui. Kondisi ini muncul, tak peduli ras dan etnis apapun di dunia ini. 
Sekitar satu dari 18.000 hingga 20.000 orang di Amerika Serikat mengidap kondisi tersebut. Sementara itu di bagian dunia yang lain, satu dari 3.000 orang dapat terkena. 
Sebagian besar anak-anak dengan kondisi ini dilahirkan oleh orangtua dengan warna mata dan rambut yang normal, sesuai dengan etnis mereka. 
Kondisi ini dapat terjadi pada pasien dengan usia berapapun. Albinisme dapat ditangani dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Contoh adanya takdir Allah SWT Keenam

Walau Mengelilingi Bumi, Bulan Juga Mengitari Matahari


INDOZONE.ID - Bulan adalah satelit alami bumi. Karena itulah Bulan selalu mengelilingi bumi.
Bulan membutuhkan waktu sekitar 27.3 hari atau lebih tepatnya 27 hari, 7 jam, 43 menit, 11,5 detik untuk sekali mengorbit bumi.
Padahal jika dibandingkan dengan matahari maka matahari memiliki gravitasi yang sangat besar, dan benda-benda langit di tata surya mengorbit Matahari.
Meski Bulan kelihatannya tidak mengorbit matahari secara langsung, namun sesungguhnya Bulan tetap mengitari Matahari.
Bumi bergerak mengelilingi matahari, sedangkan Bulan mengelilingi Bumi. 
Itu berarti disaat Bumi mengelilingi Matahari, Bulan pun sedang ikut mengitarinya.
Tarikan gravitasi Bumi yang lebih dekat dengan Bulan yang membuat Bulan mengorbit Bumi secara langsung. 

Contoh adanya takdir Allah SWT Ketujuh

Tsunami Selat Sunda


Pada tanggal 22 Desember 2018, peristiwa tsunami yang disebabkan oleh letusan Anak Krakatau di Selat Sunda menghantam daerah pesisir Banten dan Lampung, Indonesia. Sedikitnya 426 orang tewas dan 7.202 terluka dan 23 orang hilang akibat peristiwa ini. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), tsunami disebabkan pasang tinggi dan longsor bawah laut karena letusan gunung tersebut.
Pada pukul 21:03 WIB (14:03 UTC), Anak Krakatau meletus dan merusak peralatan seismografi terdekat, meskipun suatu stasiun lain mendeteksi getaran terus-menerus. Pada pukul 21:27 WIB, BMKG mendeteksi suatu tsunami di pesisir barat Banten, meskipun tidak ada peristiwa tektonik. Menurut fakta yang ada, terjadi longsoran dari Gunung Krakatau sebanyak 64 hektare yang memicu goncangan yang berujung kepada tsunami. Juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho merilis sebuah pernyataan yang menghubungkan tsunami dengan pasang tinggi dan longsor bawah laut yang disebabkan oleh letusan Anak Krakatau. Menurut kesaksian Indira Rezkisari (wartawan Republika) yang menyaksikan detik-detik terjadinya tsunami, sebelum terjadinya tsunami itu memang sempat terdengar dentuman keras dari laut. Selain itu pula, Republika 24 Desember mencatat bahwa bencana menerpa tanpa adanya peringatan dini dari sensor tsunami.
Sebelumnya, BMKG telah mengeluarkan peringatan gelombang tinggi untuk perairan sekitar selat Sunda. Tercatat tinggi gelombang tsunami berkisar 90 sentimeter (35 in) di Serang dan 30 sentimeter (12 in) di Lampung, dengan ketinggian maksimal 2 meter (6,6 ft). Ihwal gelombang itu pun sempat tercatat dalam cuitan Twitter BMKG, sebelum pada akhirnya dihapus pada pukul 01.01 WIB.[13] Namun pada akhirnya, BMKG memverifikasi bahwa tsunami memang terjadi pada sekitar 21.30 WIB, beriringan dengan kondisi gelombang tinggi karena bulan purnama di Selat Sunda pada 21-25 Desember.
Pada tanggal 22 Desember, laporan awal BNPB menunjukkan sedikitnya 20 orang tewas dan 165 terluka, dan 2 orang dilaporkan hilang. Pada tanggal 23 Desember, jumlah korban telah direvisi menjadi 43 tewas, 584 terluka, dan 2 hilang. Dari 43 korban jiwa, 33 tewas di Pandeglang, 7 di Lampung Selatan, dan 3 di Serang, dengan sebagian besar korban luka-luka (491 orang) juga di Pandeglang. Pada Minggu pukul 11:00 WIB, BNPB merevisi jumlah korban menjadi 62 tewas, 584 terluka, dan 20 hilang. Pada Minggu pukul 13:00 WIB, BNPB merevisi jumlah korban yakni 168 meninggal dunia dan 745 luka-luka. Wilayah yang terimbas tsunami di Pandeglang merupakan destinasi wisata seperti Pantai Carita. Menurut Sutopo, lokasi di Pantai Carita yang banyak ditemukan korban ialah di Hotel Mutiara Carita Cottage, Hotel Tanjung Lesung, dan Kampung Sambolo. Carita memang sedang ramai oleh turis yang berlibur. Pukul 16.00 WIB Serang, Kabupaten Lampung Selatan, dan Kabupaten Tanggamus.

Contoh adanya takdir Allah SWT Kedelapan

Tsunami Aceh 2004


Awalnya guncangan gempa yang terjadi pada hari Minggu pagi, tanggal 26 Desember 2004, sekitar jam 07.59 WIB itu dikabarkan bermagnitudo 8,8 skala IX MMI. Lalu direvisi menjadi bermagnitudo 9,0.
Tetapi, sejumlah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menyimpulkan bahwa kekuatan gempa tersebut mencapai Magnitudo 9,1 hingga 9,3.
Sehingga dapat disimpulkan dalam sejarah bahwa peristiwa itu merupakan gempa terdahsyat ketiga di dunia, yang mana sebelumnya gempa terbesar terjadi di Chile pada tahun 1960 dengan getarannya mencapai Magnitudo 9,5, dan di Alaska pada tahun 1964 mencapai M 9,2.
Menimbulkan Tsunami di 14 Negara
Gempa magnitudo sebesar 9,0 dengan pusat gempa di 160 km sebelah Utara Pulau Simeulue, kedalaman 30 km itu menyebabkan terjadinya tsunami di 14 negara, dan tinggi gelombang rata-rata mencapai 30 meter.
Gempa juga mengguncang Singapura, Malaysia, India, Sri Lanka, Bangladesh, Thailand, Myanmar, dan Maladewa.
Telan Korban Jiwa 280 Ribu
Bencana gempa bumi dan tsunami di Aceh itu menelan korban jiwa lebih dari 280 ribu, terdiri dari 220 ribu korban jiwa di Indonesia, dan korban besar lainnya terjadi di Sri Lanka sebanyak 35 ribu, India 18 ribu, serta di Thailand sebanyak 8 ribu jiwa.
Bencana tsunami Aceh itu mengakibatkan kerusakan serius serta kematian hingga ke pesisir Timur Afrika dengan korban terjauh di Afrika Selatan tepatnya di Rooi Els, 8.000 km dari episentrum.
Tercatat sebanyak delapan orang meninggal dunia di Afrika Selatan akibat tingginya permukaan air laut dan gelombang.

Contoh adanya takdir Allah SWT Kesembilan

170 WNI Jadi Korban Letusan Gunung Taal Filipina, Mayoritas Mahasiswa


Suara.com - Sebanyak 170 warga negara Indonesia menjadi korban letusan Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina. Kebanyakan dari mereka mahasiswa.
Tim Perlindungan KBRI Manila memberikan bantuan logistik kepada WNI yang terdampak erupsi Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, Senin (13/1/2020) pagi.
Selain memantau situasi dan berkoordinasi dengan otoritas setempat, tim tersebut akan mengevakuasi WNI ke KBRI Manila jika diperlukan.
Berdasarkan keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, 170 WNI itu tinggal di wilayah Cavite, mayoritas adalah mahasiswa.
KBRI Manila juga telah menyampaikan imbauan agar masyarakat Indonesia di wilayah terdampak meningkatkan kewaspadaan, mengikuti arahan otoritas setempat, dan jika terpaksa keluar ruangan agar menggunakan masker atau handuk basah. WNI yang menghadapi situasi darurat diharap segera menghubungi hotline KBRI di nomor 0917 3198470.
Gunung Taal di wilayah Cavite, Filipina, telah mengalami erupsi pada Minggu (12/1/2020) pukul 17.30 waktu setempat. Gunung tersebut berjarak sekitar 82 kilometer dari Manila.
Erupsi gunung ini mengakibatkan pembatalan sejumlah penerbangan, penutupan sekolah-sekolah dan gedung pemerintah, serta evakuasi terhadap 8.000 penduduk yang tinggal di daerah berbahaya. (Antara)

Contoh adanya takdir Allah SWT Kesepuluh

Korban Tewas Gunung Meletus di Selandia Baru Bertambah Jadi 17 Orang


Mayoritas korban erupsi gunung di Selandia Baru itu merupakan warga Australia
Suara.com - Kepolisian Selandia Baru, Senin (23/12/2019), menyebutkan bahwa salah satu dari korban luka akibat erupsi gunung awal Desember ini meninggal di rumah sakit Auckland, menambah jumlah resmi korban tewas menjadi 17 saat dua orang lainnya masih belum ditemukan.
"Polisi dapat mengkonfirmasi bahwa seorang lagi meninggal di Rumah Sakit Middlemore minggu malam. Polisi menerima informasi tersebut sebelum pukul 11 malam waktu setempat," kata Wakil Komisaris Kepolisian John Tims melalui pernyataan.
Polisi tidak memberitahu identitas maupun kewarganegaraan korban tersebut. Mayoritas korban yang sebelumnya disebutkan pascaerupsi dahsyat White Island, yang juga dikenal sebagai Whakaari, merupakan warga negara atau penduduk tetap Australia.
Mereka yang masih hilang, yang diduga tewas, bernama Winona Langford, warga Australia berusia 17 tahun dan seorang pemandu wisata Marshall-Inman, penduduk Selandia Baru berusia 40 tahun. Jasad keduanya diyakini tersapu ke lautan.
Polisi mengaku telah mengurangi intensitas pencarian meski tidak patah semangat untuk menemukan mereka.
Ada kritikan bahwa orang-orang diperbolehkan ke pulau tersebut, tujuan populer pelancong, mengingat risiko status aktif gunung tersebut. Hal itu menimbulkan spekulasi bahwa akan ada perubahan besar-besaran bagi industri pariwisata Selandia Baru.
Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern mengatakan penyelidikan resmi peristiwa erupsi oleh petugas koroner beserta regulator keselamatan kerja dapat berlangsung hingga setahun dan berpotensi hukuman pidana hingga lima tahun penjara. (Antara/Reuters)

Contoh adanya takdir Allah SWT Kesebelas

Banjir Jakarta, 5 Perjalanan Kereta Api ke Surabaya Terganggu


Liputan6.com, Surabaya - Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto menyampaikan kabar terkini terkait perjalanan kereta api jurusan Surabaya/Malang menuju Jakarta yang terganggu akibat imbas dari banjir Jakarta.
Menurut Suprapto, kereta pi yang mengalami keterlambatan adalah kereta api yang dari arah Jakarta menuju Surabaya, Jawa Timur.
"Sementara untuk kereta api arah dari arah Surabaya atau Malang, dari pagi hingga siang ini masih normal atau tepat keberangkatannya," tutur dia, Selasa (25/2/2020).
Suprapto menuturkan, berdasarkan data 25 Februari 2020, pukul 11:40 WIB, kereta api yang mengalami keterlambatan sebagai berikut:
1. Plb 2A (Argo Wilis, relasi Gambir - Bandung - Surabaya Gubeng / lintas selatan) Berangkat Gambir = 05:25 wib, lambat 25 menit. Jadwal seharusnya Gambir - Surabaya Gubeng Berangkat : 05:00 - datang :20:54 wib
2. KA 4 (KA Argo Anggrek relasi Gambir - Surabaya Pasar Turi/ lintas utara), Berangkat Stasiun Gambir, pukul 11:38 WIB, lambat 203 menit. Jadwal seharusnya Gambir - Surabaya Pasar turi Berangkat :08:15-Datang :17:15 WIB.
KAI Mohon Maaf
3. KA 136 (KA Dharmawangsa, relasi Pasar Senen - Surabaya Pasar turi / lintas Utara), Berangkat Stasiun Pasar Senen, pukul 10:50 WIB, lambat 145 menit.  Jadwal seharusnya Pasar Senen - Surabaya Pasar Turi Berangkat : 08:25 - Datang : 19:30 WIB.
4. KA 112A (KA Gaya Baru Malam Selatan, relasi Stasiun Pasar Senen - Stasiun Surabaya Gubeng / lintas selatan). Berangkat stasiun Pasar Senen yang seharusnya berangkat pukul 10:15 WIB.  Jadwal seharusnya Pasar senen - Surabaya gubeng Berangkat 10:15 - Datang : 01:32 WIB.
5. KA 292 (KA Matarmaja relasi stasiun Pasar Senen - stasiun Malang) Berangkat stasiun Pasar Senen, yang seharusnya jadwal berangkat pukul 10:30 WIB.  Jadwal seharusnya Pasar senen - Malang Berangkat :10:30 - Datang : 03:09 WIB.
"Atas keterlambatan ini, kami dari pihak PT KAI Daop 8 Surabaya, mohon maaf yang sebesar - besarnya atas keterlambatan dan ketidaknyamanannya akibat dari dampak banjir di Jakarta," ujar Suprapto. 

Contoh adanya takdir Allah SWT Keduabelas

Menerima takdir kematian


Kematian merupakan kepastian. Setiap makhluk yang bernyawa akan merasakan ajalnya. Saat kehilangan anggota keluarga, kesedihan mendalam dan rasa kehilangan pasti terhunjam dalam jiwa. Rasulullah SAW bersabda, "Allah SWT berfirman: Bagi hamba-Ku yang beriman, apabila diambil keluarganya dari dunia kemudian ia bersabar, tidak ada balasan untuknya selain surga." (HR Bukhari). 
Misteri kehidupan yang membutuhkan keimanan dan persiapan lebih dari cukup untuk sebuah perjalanan panjang. Bekalnya berupa iman yang kokoh dan amal kebaikan. Bagi yang masih hidup, cita-cita perjuangan menebar kebaikan harus dilanjutkan.
Belajar dari wafatnya yang terkasih, baginda Rasulullah SAW, isyarat dekatnya ajal beliau dimulai ketika beliau iktikaf selama 20 hari pada bulan Ramadhan tahun 10 H. Malaikat Jibril mengulang Alquran hingga dua kali dalam tahun itu bersama beliau. Kemudian di Padang Arafah, saat haji wada Rasulullah bersabda, "Aku tidak tahu pasti. Barangkali setelah tahunku ini, aku tidak akan bertemu lagi dengan kalian di tempat wukuf ini untuk selamanya." 
Pada akhir Shafar 11 Hijriyah, beliau sakit. Sepanjang hari-hari sakitnya beliau banyak berwasiat, di antaranya beliau berpesan kepada umatnya tentang dunia. 
Janganlah berlomba-lomba mengejar dunia. Agar dunia tidak membuat umatnya binasa sebagai mana umat-umat sebelumnya binasa karena dunia. Sehari sebelum wafat, beliau bersedekah beberapa dinar. Lalu bersabda, "Kami (para nabi) tidak mewariskan. Apa yang kami tinggalkan menjadi sedekah." (HR Bukhari). 
Pada Senin, Rabiul Awal 11 Hijriyah, Rasulullah wafat. Bumi kehilangan orang yang paling mulia yang pernah menginjakkan kaki di atasnya. Wafat setelah menyempurnakan risalah dan menyampaikan amanah. Wafatnya manusia paling mulia tersebut menyisakan duka yang sangat mendalam bagi para sahabat dan keluarga. Dunia terasa gelap bagi mereka. 
Hati mereka bergoncang. Tak percaya bahwa kekasih mereka telah tiada. Di tengah ketidakpercayaan mereka, lalu Abu Bakar hadir dan berkata, "Siapa di antara kalian yang menyembah Muhammad SAW maka Muhammad telah wafat. Siapa yang menyembah Allah, maka Allah Maha Hidup dan tidak akan wafat." Kemudian Abu Bakar membacakan Alquran surah Ali Imran ayat 144. Wallaahu a'lam. 

Contoh adanya takdir Allah SWT Ketigabelas

Takdir dan Gempa


BANJARMASINPOST.CO.ID - JUMAT, 28 September 2018. Gempa berkekuatan M 7,4 telah mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pukul 18.02 Wita, disusul tsunami dengan ketinggian air hingga 3 meter lebih. Sampai Ahad kemarin, telah tercatat 384 orang korban jiwa, dan 540 orang terluka. Gedung-gedung ambruk, jalanan terbelah dan jembatan terputus. Listrik padam, dan telekomunikasi macet.
Bagi saya, bencana ini terasa lebih pedih karena baru seminggu sebelumnya, saya dan ribuan orang lainnya dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara datang ke IAIN Palu untuk menghadiri Annual International Conference on Islamic Studies (AICIS). Melihat foto gedung-gedung IAIN Palu yang porak poranda akibat gempuran gempa-tsunami, saya seolah tersentak dari mimpi, kaget berbaur duka.
Apakah ini takdir? Ya. Takdir, dari kata Arab taqdîr, adalah bentukan dari kata qadar. Kata ini diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi ‘kadar’ dan ‘sekadar’ yang artinya ukuran atau seukuran. Taqdîr artinya menentukan ukuran dan batasan. Dalam Alquran, taqdîr dikaitkan dengan hukum alam. Misalnya “Dan matahari beredar pada jalurnya. Itulah takdir Dia Yang Maha Perkasa lagi Maha Tahu (QS 36:38).
Dengan demikian, takdir adalah ukuran, batasan atau ketentuan Tuhan terhadap alam semesta yang secara singkatnya disebut hukum alam, yang mencakup hubungan sebab-akibat dan keterkaitan segala unsur yang membentuknya. Karena itu, percaya pada takdir berarti percaya pada hukum alam sebagai ciptaan Tuhan, sedangkan bagi kaum ateis atau agnostik, hukum alam ada dengan sendirinya.

Penutup
Sekian dan silahkan mencari contoh peristiwa lain. Maka dengan posting ini semoga dapat menambah keimanan kepada Allah SWT.

0 Response to "Kliping: 13 Contoh Adanya Takdir Allah SWT"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons