Jawaban Soal LKS Ekonomi

1. Aliran pendapatan dan pengeluaran dari Rumah Tangga Konsumen Dan Rumah Tangga Produsen

Perekonomian dua sektor disebut juga perekonomian sederhana, karena hanya terdiri atas dua pelaku, yaitu rumah tangga konsumsi (masyarakat) dan rumah tangga produksi (perusahaan). Model arus perputaran faktor produksi, barang dan jasa, serta uang antara rumah tangga dengan perusahaan dapat kalian lihat pada gambar berikut ini.
Gambar: Arus perputaran faktor produksi, barang dan jasa, serta uang antara rumah tangga konsumsi dengan perusahaan.

Dari gambar diatas, terlihat bahwa rumah tangga konsumen (RTK) adalah sebagai pemilik faktor-faktor produksi berupa tanah, tenaga kerja, modal, dan kewirausahaan. Penawaran faktor produksi oleh rumah tangga ini akan bertemu dengan permintaan faktor produksi oleh perusahaan. Interaksi ini terjadi di pasar faktor produksi. Sedangkan di pasar barang, terjadi interaksi antara perusahaan sebagai penghasil barang dan jasa dengan konsumen sebagai pengguna barang dan jasa. Sehingga terjadi hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Dalam diagram juga terlihat arus aliran uang dari dan ke masing-masing rumah tangga. RTK menerima upah, sewa, bunga, dan keuntungan dari perusahaan sebagai balas jasa atas penyerahan faktor produksi. Perusahaan menerima uang pembayaran atas barang dan jasa yang dibeli.

2. Pengiriman tenaga kerja indonesia ke luar negeri memberikan pemasukan bagi negara

Karena dengan bekerja di luar negeri, maka penghasilan berupa devisa bagi negara dapat meningkat. Hal tersebut yang menyebabkan TKI disebut sebagai pahlawan devisa negara

3. Deskripsikan fungsi pajak yang dipungut dari rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen

Rumah tangga konsumen dan rumah tangga produsen harus membayar pajak kepada pemerintah, karena membayar pajak merupakan suatu kewajiban yang harus dipatuhi dan dilaksanakan dan juga pajak tersebut sangat penting untuk pengembangan fasilitas umum, dan pembangunan daerah.

4. Faktor produksi yang diperlukan untuk menambah nilai guna barang

1. Faktor sumber daya alam
Faktor sumber daya alam merupakan segala sesuatu yg disediakan alam untuk dimanfaatkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan kesejahteraannya. Faktor ini memegang peranan penting karena digunakan oleh pelaku produksi untuk membuat suatu barang atau jasa. Kemampuan produsen dalam menghasilkan barang/jasa ditentukan oleh kualitas dan kuantitas sumber daya yang dimiliki.
2. Faktor tenaga kerja
Faktor tenaga kerja merupakan segala kegiatan manusia yg dicurahkan dalam proses produksi untuk menciptakan atau menambah nilai guna barang atau jasa. Produsen tidak dapat menciptakan barang/jasa dengan langsung menawarkan barang mentah, tetapi harus diproses terlebih dahulu. Pemrosesan ini tentunya membutuhkan tenaga manusia, hingga barang/jasa selesai dibuat dan sampai ditawarkan ke konsumen.
3. Faktor modal
Setiap proses produksi membutuhkan modal atau aset. Tanpa adanya modal, kegiatan produksi tidak dapat berjalan meski memiliki sumber daya alam dan manusia yang berlimpah.
4. Faktor kewirausahaan
Faktor kewirausahaan adalah kemampuan intelektual seseorang untuk mengelola atau menyatukan ketiga faktor produksi di atas dalam suatu proses produksi.

5. Manfaat adanya interaksi dengan masyarakat luar negeri di bidang ekonomi

Ada dasarnya suatu Negara tidak akan dapat mencukupi kebutuhan dengan memproduksi barang sendiri, tanpa adanya bantuan atau hubungan dengan Negara lain. Dengan adanya hubungan ekonomi dengan Masyarakat luar negeri (kegiatan ekonomi Internasional) kita dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak mampu diproduksi sendiri, dan sebaliknya, kita menawarkan barang / jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat Luar Negeri sebagai akibat Interaksi Ekonomi Internasional.

0 Response to "Jawaban Soal LKS Ekonomi"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons