Bahan referensi untuk para guru tentang Soal Ujian Tengah Semester Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Sekolah Dasar Kelas 5. Soal-soal ini berbentuk pilihan berganda, dibuat dalam 2 lembar kertas ukuran Folio. Soal berjumlah 40 soal.
Capture soal PKn |
1. Syair terakhir lagu "Dari Sabang Sampai Merauke" ialah . .
a. itulah Indonesia
b. Indonesia tanah airku
c. tanah airku Indonesia
d. menjunjung tanah airku
2. Sejak proklamasi kemerdekaan, bangsa kita telah bertekad untuk hidup dalam bingkai . . . .
a. Negara Republik Indonesia Serikat
b. Negara Kesatuan Republik Indonesia
c. Negara Kesatuan Indonesia
d. Negara Indonesia Bersatu
3. Pada awal kemerdekaan, wilayah Negara Kesatuan Republik Indone-sia meliputi . . . .
a. 8 provinsi c. 10 provinsi
b. 9 provinsi d. 11 provinsi
4. Dari waktu ke waktu, wilayah NKRI mengalami perubahan, balk jumlah provinsi maupun luas wilayahnya. Hal itu sesuai dengan . . . .
a. keinginan presiden c. keinginan anggota DPR
b. tuntutan kebutuhan d. Keinginan negara lain
5. Negara Kesatuan Republik Indonesia bukanlah negara yang berdiri dengan sendirinya, tetapi melalui . . . .
a. pengorbanan jiwa, raga, dan harta rakyat
b. pemberian pemerintahan Jepang
c. hasil perjuangan sekelompok orang saja
d. perjuangan para pahlawan semath
6. Bagi para pendiri dan rakyat Indonesia, NKRI merupakan . .
a. negara yang bisa dipisah-pisahkan
b. pilihan yang masih bisa berubah
c. pilihan bentuk negara terakhir
d. keinginan sekelompok orang saja
7. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para
a. pemerintahnya
b. pahlawannya
c. pengkhianat bangsa
d. presidennya
8. Tiga usaha yang ingin memecah belah NKRI ialah . .
a. PKI Madiun, RMS, dan Perang Puputan
b. Perang Diponegoro, RMS, dan G 30 S PKI ,
c. G 30 S PKI, Gerakan Aceh Merdeka, dan OPM
d. Gerakan Aceh Merdeka, Perang Padri, don Perang Diponegoro
9. Semua warga negara Indonesia harus memandang NKRI sebagai suatu wilayah yang .
a. terpecah belah c. utuh
b. berbeda d. terpisah satu sama lain
10. Setiap orang memiliki kepentingan yang berbeda-beda, tetapi tidak boleh mengalahkan kepentingan . . .
a. bangsa c. presiden
b. pemerintah d. Golongan
11. Negara Indonesia adalah negara hukum. Artinya . . . .
a. negara berdasarkan hukum yang ditetapkan pemerintah
b. negara yang berdasarkan perintah raja
c. negara yang berdasarkan aspirasi rakyat
d. negara yang berdasarkan pada kekuasaan pemerintah
12. Tujuan dibuatnya sebuah peraturan adalah .
a. agar peraturan tersebut ditaati
b. agar masyarakat menjadi tidak tertib
c. untuk menjaga ketertiban masyarakat
d. untuk melindungi masyarakat dari serangan musuh
13. Peraturan perundang-undangan Indonesia yang tertinggi adalah
a. Peraturan Pemerintah
b. Undang-undang
c. UUD 191-15
d. Ketetapan MPR
14. Keputusan yang dibuat untuk membantu presiden dalam melaksanakan tugas-tugasnya disebut . . . .
a. Peraturan Pengganti Undang-undang
b. Ketetapan MPR
c. Keputusan Menteri
d. Peraturan Pemerintah
15. Salah satu alasan orang melakukan tindakan korupsi adalah . . .
a. pemerintahan yang demokratis
b. Iemahnya penegakan hukum
c. kebebasan berpendapat
d. lingkungan yang terbuka
16. Peraturan Daerah dibuat untuk mengatur penyelenggaraan . . . .
a. pemerintahan di daerah
b. pemerintahan pusat
c. pemerintahan yang sah
d. pemungutan pajak
17. Peraturan yang mengatur pemerintahan daerah tingkat I dibuat oleh
a. presiden c. gubernur
b. DPR d. MPR
18. Langkah pertama dalam pembuatan peraturan yang dilakukan oleh pemerintah pusat adalah . . .
a. menetapkan peraturan
b. mensahkan peraturan tersebut
c. mengajukan peraturan tersebut
d. membuat rancangan peraturan
19. Yang berhak mensahkan sebuah undang-undang adalah . .
a. MPR c. DPR
b. presid en d. gubernur
20. Mematuhi perintah orang tua adalah salah satu contoh melaksanakan peraturan di lingkungan
a. sekolah c. masyarakat
b. keluarga d. negara
21. Dalam UU Pendidikan disebutkan bahwa wajib belajar berlaku bagi anak berusia . . . .
a. 7 hingga 15 tahun c. 6 hingga 12 tahun
b. 5 hingga 10 tahun d. 6 hingga 15 tahun
22. Pendidikan dasar yang dimaksud dalam UU Pendidikan meliputi . .
a. TK dan SD c. SD dan SMA
b. SD dan SMP d. SMP dan SMA
23. Peraturan pusat wajib ditaati dan dilaksanakan oleh . . .
a. golongan tertentu saja
b. masyarakat daerah tertentu
c. pemerintah pusat
d. seluruh rakyat Indonesia
24. Lembaga yang berhak membuat rancangan peraturan daerah tingkat I adalah . . . .
a. Presiden dan MPR
b. Presiden dan DPR
c. Gubernur dan DPRD Tingkat I
d. Bupati/Walikota dan DPRD Tingkat II
25. Berikut adalah contoh keterlibatan masyarakat dalam pembuatan peraturan, kecuali . . . .
a. memberikan evaluasi atas rancangan peraturan
b. membuat rancangan peraturan
c. memberikan masukan pada pemerintah
d. menyampaikan saran dan kritik atas peraturan
26. Pengertian di bawah ini yang dekat dengan pengertian undang-undang adalah . . . .
a. lembaran kertas untuk mengajak seseorang menghadiri acara
b. peraturan yang dibuat dan memiliki sifat yang mengikat
c. peraturan yang sudah tidak dipakai lagi
d. peraturan yang disepakati bersama tetapi tidak tertulis
27. Berikut ini yang merupakan manfaat dari peraturan perundang-undang¬an adalah . . .
a. menguntungkan pemerintah dan menyengsarakan rakyat
b. membatasi rakyat agar tidak melawan pemerintah
c. mengatur perikehidupan berbangsa, bernegara, dan bermasyarakat
d. memberi kebebasan semua orang untuk berbuat semaunya
28. Orang yang melanggar peraturan atau undang-undang akan mendapatkan...
a. kemuliaan c. pujian
b. hadiah d. hukuman
29. Karena menerobos lampu merah, motor Momo hampir saja menabrak Ayu. Maka, sebaiknya . . .
a. Momo mendapatkan hukuman sesuai dengan peraturan yang berlaku
b. Ayu dimarahi karena mengganggu Momo yang mengendarai motor
c. Momo dibiarkan saja, sebab Momo ngebut dengan motornya sendiri
d. pejalan kaki seperti Ayu dilarang menyeberang jalan
30. Pak Jon melakukan korupsi di kantor tempatnya bekerja. Karena perbua-tannya, Pak Jon merugikan negara ratusan juta rupiah. Tindakan yang sebaiknya dilakukan terhadap Pak Jon adalah . . . .
a. menghukum Pak Jon, karena telah melanggar undang-undang
b. membiarkan Pak Jon bebas, karena Pak Jon orang yang ramah
c. meminta Pak Jon membagi-bagi uang hasil korupsinya kepada anak-anak sekolah
d. meminta Pak Jon mengulangi perbuatannya kembali
31. Ada dua jenis peraturan perundang-undangan menurut wilayah berlaku¬nya, yaitu . . .
a. perundang-undangan tingkat pusat dan tingkat daerah
b. Undang-Undang Dasar dan Undang-Undang
c. Peraturan Presiden dan Peraturan Menteri
d. Undang-undang legislatif dan undang-undang eksekutif
32. Berikut ini yang tidak termasuk jenis-jenis peraturan perundang-undang¬an tingkat pusat, adalah . . . .
a. PP c. UUD 1945
b. Perpu d. Perda Provinsi
33. Yang bukan merupakan peraturan perundang-undangan yang berlaku di seluruh Indonesia adalah ...
a. Undang-undang tentang Pemilihan Umum Republik Indonesia
b. Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi
c. Undang-undang tentang Pemerintahan Daerah
d. Undang-undang tentang larangan merokok di tempat umum di wilayah DKI
34. Pihak yang memiliki wewenang untuk mengusulkan dan mengesahkan undang-undang adalah...
a. Mahkamah Agung
b. Badan Pemeriksa Keuangan
c. Presiden
d. Polisi Republik Indonesia
35. Sikap berikut yang tidak mendukung tegaknya. peraturan perundang- undangan adalah . . . .
a. menanyakan kepada guru mengenai undang-undang tentang pendi-dikan
b. mengingatkan ayah yang merokok di areal lapangan merokok
c. melanggar lampu merah agar tidak terlambat sampai ke sekolah
d. membuang sampah di tempat sampah meskipun ibu guru tidak me-nyuruhnya
36. Negara yang aman merupakan dambaan seluruh....
a. bangsa c. presiden
b. pemerintah d. golongan
37. Jika sering terjadi kerusuhan maka kehidupan masyarakat menjadi tidak...
a. aman c. Senang
b. damai d. Sedih
38. Dalam kehidupan sehari-hari kita harus hidup...
a. pecah belah c. Ribut
b. mengejek d. Rukun dan damai
39. Yang wajib menjaga kelestarian alam di lingkunganmu adalah...
a. ayah c. kakak
b. adek d. Kita semua
40. Salah satu contoh melaksanakan peraturan di sekolah adalah...
a. Berpakaian seragam yang rapi
b. Mencoret-coret dinding
c. Berkelahi sesama teman
d. Keluar pagar sekolah
Sumber Soal:
Setiadi Widihastuti & Fajar Rahayuningsih, Pendidikan Kewarganegaraan SD/ MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Thayeb H.M.S, dkk, Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD Kelas V. Jakarta: Penerbit Erlangga, 2006
Demikian 40 soal ujian PKn untuk kelas V lima ini semoga dapat bermanfaat
0 Response to "40 Soal Ujian Tengah Semester Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V SD"
Post a Comment
Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."