Persebaran Fauna di Dunia menurut Wallace Lengkap Contoh dan Gambar

Contoh dan gambar hewan/fauna khas yang tersebar di berbagai belahan dunia. Pembagian wilayah dikembangkan oleh Alfred Russel Wallace tahun 1876. Persebaran fauna ini lebih dikenal daripada pendapat pakar-pakar terdahulu. Wallace mengelompokkan persebaran fauna menjadi 6 wilayah/ zona, yaitu: Australis, Ethiopian, Neartik, Neotropik, Asiatis, dan Paleartik.
peta wilayah persebaran fauna di dunia wallace
Peta pembagian wilayah persebaran fauna di dunia

6 Zona persebaran Fauna di Dunia

Zona Australis

Wilayah ini mencakup kawasan Australia, Selandia baru, Papua, Maluku, dan pulau-pulau sekitarnya. Beberapa hewan khas wilayah ini adalah:
kanguru, kiwi, koala, platipus, terdapat juga beberapa jenis burung yang khas wilayah ini seperti burung cendrawasih, kasuari, kakatua, dan kelompok reptil antara lain buaya, kura-kura, ular piton.


Fauna Australis - Kanguru

Fauna Australis - Kiwi

Fauna Australis - Koala

Fauna Australis - Platypus

Fauna Australis - Cendrawasih

Fauna Australis - Kasuari


Zona Ethiopian

Wilayah persebarannya meliputi benua Afrika dari sebelah selatan Gurun Sahara, Madagaskar, dan Asia Barat. Hewan yang khas daerah ini adalah gajah afrika, badak afrika, gorila, babon, simpanse, jerapah, mamalia padang rumput seperti zebra, antilope, kijang, singa, dan mamalia pemakan serangga yaitu trenggiling. Mamalia endemik di wilayah ini adalah kuda nil yang hanya terdapat di sungai Nil, Mesir. Namun di Madagaskar juga terdapat kuda nil namun lebih kecil. Wilayah Ethiopian juga memiliki hewan yang hampir sama dengan di wilayah Oriental seperti golongan kucing, bajing, tikus, babi hutan, kelelawar, dan anjing.

Fauna Ehiopian - Gajah Afrika

Fauna Ethiopian - Badak Afrika

Fauna Ehiopian - Gorilla

Fauna Ethiopian - Baboon

Fauna Ethiopian - Simpanse

Fauna Ethiopian - Jerapah


Fauna Ethiopian - Zebra

Fauna Ethiopian - Antelope

Fauna Ethiopian - Kuda Nil

Fauna Ethiopian - Singa

Fauna Ethiopian - Trenggiling

Fauna Ethiopian - Kijang


Zona Neartik

Wilayah persebarannya meliputi kawasan Amerika Serikat, Amerika Utara dekat Kutub Utara, dan Greenland. Hewan khas daerah ini adalah kalkun liar, tikus berkantung, bison, muskox, caribou, domba gunung. Di daerah ini juga terdapat beberapa jenis hewan yang ada di wilayah Paleartik seperti kelinci, kelelawar, anjing, kucing, dan bajing.

nearktik - Bison

nearktik - Domba Gunung
nearktik - Tikus berkantung
nearktik - Kalkun liar
nearktik - Muskox

nearktik - rakun


Zona Neotropik

Wilayah persebarannya meliputi kawasan Amerika Selatan, dan sebagian besar Meksiko. Iklim di wilayah ini sebagian besar beriklim tropis dan bagian selatan beriklim sedang. Hewan endemiknya ikan piranha dan belut listrik di sungai Amazon, ilama (sejenis unta) di padang pasir Atacama (Peru), tapir, dan kera hidung merah. Neotropikal sangat terkenal sebagai wilayah fauna vertebrata karena jenisnya yang sangat beragam dan spesifik seperti beberapa jenis monyet, trenggiling, beberapa jenis reptil seperti buaya, ular, kadal, beberapa spesies burung dan ada sejenis kelelawar penghisap darah.

Fauna Neotropik - Piranha

Fauna Neotropik - Belut Listrik

Fauna Neotropik - Ilama

Fauna Neotropik - Tapir

Fauna Neotropik - Kera hidung merah

Fauna Neotropik - trenggiling


Zona Asiatis

Tersebar di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan. Fauna Indonesia yang masuk di wilayah ini hanya di Indonesia bagian barat. Hewan yang khas ini adalah harimau, orang utan, gibon, rusa, banteng, dan badak bercula satu. Hewan lainnya adalah badak bercula dua, gajah, beruang, antilope, berbagai jenis reptil, dan ikan. Adanya jenis hewan yang hampir sama dengan wilayah Ethiopian antara lain kucing, anjing, monyet, gajah, badak, dan harimau.

Fauna Asiatis - Harimau

Fauna Asiatis - Orangutan

Fauna Asiatis - Gibbon

Fauna Asiatis - Rusa


Fauna Asiatis - Banteng

Fauna Asiatis - Badak Bercula Satu


Zona Paleartik

Wilayah persebarannya sangat luas meliputi hampir seluruh benua Eropa, Rusia, daerah sekitar kutub utara sampai pegunungan Himalaya, kepulauan Inggris di Eropa Barat sampai Jepang, Selat Bering di pantai Pasifik dan benua Afrika paling utara. Beberapa jenis fauna paleartik yang tetap bertahan di lingkungan aslinya yaitu, panda di cina, unta di afrika utara, binatang kutub seperti rusa, kucing kutub, beruang kutub. Binatang yang berasal dari wilayah ini antara lain, kelinci, berbagai spesies anjing, kelelawar, bajing dan kijang telah menyebar ke wilayah lain.


Fauna Paleartik - Panda Cina

Fauna Paleartik - Unta

Fauna Paleartik - rusa

Fauna Paleartik - Kucing Kutub

Fauna Paleartik - Beruang Kutub

Fauna Paleartik - Kelinci


Semoga artikel tentang persebaran fauna di Dunia menurut wallace lengkap contoh dan gambar ini bermanfaat. :D

0 Response to "Persebaran Fauna di Dunia menurut Wallace Lengkap Contoh dan Gambar"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons