Pengertian Surat, Letter of Sympathy, Condolence, and Congratulations

Pada kesempatan ini kita menyampaikan tiga jenis bentuk surat singkat dalam rangka menyampaikan perasaan atau ekspresi. Diantaranya letter of symphaty, condolence, dan congratulations.

Pengertian Surat

Letter of Sympathy, Condolence, Congratulations
Menulis surat: Letter of Sympathy,
Condolence, dan Congratulations
Seperti yang dikutip dari Wikipedia Indonesia, Surat adalah sarana komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain. Fungsinya mencakup lima hal: sarana pemberitahuan, permintaan, buah pikiran, dan gagasan; alat bukti tertulis; alat pengingat; bukti historis; dan pedoman kerja. Pada umumnya, dibutuhkan perangko dan amplop sebagai alat ganti bayar jasa pengiriman. Semakin jauh tujuan pengiriman surat maka nilai yang tercantum di perangko harus semakin besar juga.

Letter of Sympathy

Letter of Sympathy adalah surat ungkapan perasaan anda dan menemukan kata yang tepat untuk memberikan semangat. Namun, demonstrasi seperti cinta dan hormat.

Tujuan letter of sympathy

Tujuan dari menyatakan simpati adalah untuk kenyamanan orang yang mengalami kesulitan atau dalam kondisi buruk. Ada juga bertujuan untuk membiarkan orang tahu bahwa kita peduli untuk mereka. kita dapat menyatakan simpati langsung kepadanya secara lisan dengan mengatakan sesuatu yang mendukung. dengan cara ini, kita membiarkan teman kita tahu bahwa kita tahu tentang kesedihannya dan kita membiarkan teman kita tahu bahwa kita peduli dan ingin membantunya. Jika orang yang dalam kesulitan jauh dari kami, kami dapat mengirimkan surat, kartu pos, Layanan pesan singkat, atau email untuk menunjukkan perawatan kami / simpati.

Contoh Letter of Sympathy

Dalam bahasa Inggris
Dear__________,
I have no words to express how deeply sorry I am to hear about your _________. I'm in shock to here this news. My prayers and thoughts are with you all during this horrible time. I love you and please give________ a big hug from us. I would love to fly/drive down and take care of your kids if you need me to. Just say the word.

Terjemahan ke indonesia
Dear __________,
Saya tidak punya kata-kata untuk mengungkapkan betapa sangat menyesal saya mendengar tentang  _________. Aku shock mendengar berita ini. doa dan pikiranku kepadamu pada waktu yang mengerikan ini. Aku menyayangimu dan tolong berikan ________ pelukan dari kami. Aku akan senang untuk terbang / menurunkan dan mengurus anak-anak mu jika kamu membutuhkanku untuk. Katakan saja.

Letter of condolence

Mengucapkan belasungkawa atau berduka cita kepada orang terdekat anda dapat dikatakan sebagai suatu kewajiban. Bagaimana tidak, ketika salah satu saudara anda meninggal tentu anda harus mengucapkan sebagai tanda duka cita anda. Surat ucapan belasungkawa ini disamping dapat disampaikan melalui surat dan surat kabar, juga bisa disampaikan melalui telegram.

Tujuannya letter of consolance 

adalah untuk menunjukkan bagaimana orang yang dicintai positif mempengaruhi kehidupan orang lain - dapat membawa penghiburan untuk berduka, yang dapat menyimpan surat-surat selama bertahun-tahun dan membacanya berulang-ulang.

Contoh letter of condolence

Dear_____________, 
Our love thoughts and prayers are with you and your entire family. As always, we are blown away by your amazing spirit and strength. It was a pleasure meeting your __________ last month and look forward to seeing you all soon and creating new memories. My condolences.
Love, 

Terjemahan ke Indonesia

Dear ___________,
Segala kasih dan doa-doa kepadamu dan seluruh keluargamu. Seperti biasa, kita terpesona oleh semangat yang luar biasa dan kekuatan. Itu adalah kenikmatan bertemu __________ bulan lalu dan berharap untuk melihat Anda semua segera dan menciptakan kenangan baru. Belasungkawa.
Yang tersayang,

Letter of Congratulation

Leter of Congratulations adalah Surat ucapan selamat, ini dapat disampaikan melalui pos seperti surat biasa atau melalui pengantar surat khusus pada kantor atau perusahaan-perusahaan tertentu. Dapat juga berbentuk karangan bunga, atau kado yang dikirimkan melalui pengantar khusus. Pada kesempatan lain dapat pula disampaikan melalui media cetak, koran harian, atau koran mingguan dan majalah.

Tujuan Surat Ucapan Selamat

Adalah untuk memberikan ucapan selamat kepada seseorang pada kesempatan khusus atau moment tertentu atau juga ucapan selamat biasa

Contoh Letter of Congratulations

Contoh Ucapan Selamat Dalam Bentuk Utuh

PT. KARTIKA BUANA
Jl. Libra No 9, Telp. 826547
SURABAYA
Surabaya, 18 April 2005

Kepada
PT GALAXI MOTOR
Jl. Intan 132
Jakarta

Dengan hormat,
Kami turut bergembira dan ikut berbahagia atas diresmikannya Dealer baru GALAXI MOTOR Cabang Jakarta Selatan. Semoga dengan dibukanya cabang yang baru ini akan bertambah sukses.

Hormat kami,
PT. KARTIKA CHANDRA

Beny Chandra
Direktur

Demikianlah pengertian, tujuan dan contoh surat dan jenis surat letter of sympathy, condolence, dan congratulation. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Surat, Letter of Sympathy, Condolence, and Congratulations"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons