Benarkan Jin / Setan Takut Kepada Manusia?

Tulisan ini terinspirasi melihat saudara dan saudari saya yang takut gelap dan selalu ketakutan film horor yang hakikatnya sifat jin/setan dalam film tersebut sangat berlebihan. Sesiapa yang takut pada setan dengarkan ini!

Ilustrasi: alam gaib
Ibnu Abi Ad-Dunya menyampaikan dari Mujahid bahwasanya ia berkata, "Ketika aku sedang shalat pada suatu malam, tiba-tiba ada sosok seperti anak kecil berdiri di hadapanku. Aku pun bertindak keras terhadapnya untuk menghindarkannya. Namun ia tetap berdiri lantas melompat dan jatuh di belakang dinding hingga aku mendengar suara kejatuhannya. Setelah itu dia tidak lagi mendatangiku." Mujahid mengatakan, mereka takut kepada kalian sebagaimana kalian takut terhadap mereka.

Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ad-Dunya, dari Mujahid, ia berkata, "Setan lebih takut terhadap seorang di antara kalian daripada terhadapnya. Jika ia mengusik kalian, maka janganlah takut terhadapnya yang akibatnya ia akan mempermainkan kalian. Tetapi tegaslah terhadapnya, maka ia akan pergi."

Dari Ibnu Abi Ad-Dunya, dari Syura'ah, ia berkata, " Yahya Al-Jazzar melihatku saat aku sedang ketakutan memasuki lorong jalan pada waktu malam, ia berkata, 'sesungguhnya yang kamu takuti itu lebih takut daripada kamu."
_________________________
Imam Jalaluddin As-Suyuthi, Menguak Misteri Alam Gaib, jakarta: Kanza P, 2011

0 Response to "Benarkan Jin / Setan Takut Kepada Manusia?"

Post a Comment

Kritik dan sarannya dipersilahkan...! No pising, no spam, tidak singgung sara.... :)
"bagikan komentar berpahala, tidak berkomentar tidak berdosa."

Lisensi Creative Commons